Indra Karya Bangun Stasiun Pengamatan Penurunan Permukaan Tanah

Bahaya geologi menjadi perhatian serius di berbagai wilayah di Indonesia dari adanya potensi bahaya yang muncul seperti penurunan tanah dan rob atau yang kita kenal sebagai land subsidence. Menghadapi potensi bahaya ini, PT Indra Karya (Persero) melaksanakan upaya pencegahan dan mitigasi untuk menghadapi bahaya geologi melalui adanya pemantauan intensif dan pembangunan stasiun pengamatan.

Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan (PATGTL) – Badan Geologi pada tahun 2023 telah menggandeng CV. Djarum Raya, bekerja sama dengan PT Indra Karya (Persero) Survey & Investigation Division yang memiliki kompetensi, dalam pelaksanaan proyek Pembangunan Stasiun Pengamatan Penurunan Permukaan Tanah di Kawasan Pantai Utara Pulau Jawa. Fokusnya terutama di Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, dan Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Langkah-langkah dalam proyek ini melibatkan berbagai kegiatan, mulai dari pengeboran dan pembangunan sumur pantau, uji laboratorium sampel tanah yang dilaksanakan di fasilitas laboratorium PT Indra Karya (Persero) Survey & Investigation Division, hingga pembangunan sarana lengkap di stasiun pengamatan. Dari stasiun ini, data seperti ketinggian permukaan tanah, tren penurunan tanah, kecepatan penurunan, deformasi horizontal, dan informasi lainnya dapat dikumpulkan. Dengan demikian, langkah-langkah proaktif atau mitigasi yang sesuai dapat direncanakan dan dilaksanakan untuk melindungi lingkungan, infrastruktur, dan masyarakat dari potensi bahaya geologi yang mungkin terjadi.

Dalam menghadapi bahaya geologi seperti penurunan tanah dan rob, upaya mitigasi dan pemantauan terus menjadi perhatian utama di berbagai wilayah di Indonesia. Melalui langkah-langkah seperti pembangunan stasiun pengamatan dan pengumpulan data akurat, diharapkan lingkungan, infrastruktur, dan masyarakat dapat dilindungi dari potensi dampak buruk yang mungkin timbul. Kerjasama antara berbagai pihak serta peningkatan kesadaran akan risiko geologi akan terus memainkan peran penting dalam mencapai lingkungan yang lebih aman dan berkelanjutan di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.