Indra Karya Telisik Manfaat Bendungan Multifungsi di Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara

Konawe – Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya pencegahan terjadinya krisis air dan mencegah banjir yang saat ini semakin menjadi isu mengkhawatirkan di berbagai belahan dunia. Menanggapi hal ini, Indra Karya selaku konsultan BUMN yang berfokus pada bidang keairan telah rampungkan pembangunan Bendungan Ameroro.

Bendungan yang terletak di Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara ini memiliki kapasitas tampung 88 juta meter kubik. Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa luas genangan yang mencapai 398 hektare dapat mampu mengurangi dan mereduksi intensitas banjir di wilayah sekitar Konawe.

”Kapasitas tampungnya 88 juta meter kubik, ini bendungan yang sangat besar sekali. Dengan luas genangan 389 hektare dan dapat mengurangi banjir, mereduksi banjir yang sebelumnya ada di wilayah Konawe,” jelasnya saat sambutan dalam peresmian Bendungan Ameroro pada Selasa (14/05).

Bendungan Ameroro merupakan bendungan ke-40 yang rampung, dan telah selesai dibangun pada akhir 2023.

”Ini adalah bendungan ke-40 yang kita bangun dan selesai di akhir 2023 yang lalu,” lanjut Joko Widodo.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan kepada Indra Karya dalam menggarap pembangunan Bendungan Ameroro.

”Indra Karya selaku Konsultan BUMN berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Kami harap, komitmen ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di Konawe Sulteng.” ungkap Gok Ari.

Dalam proyek ini, Indra Karya dipercayakan sebagai konsultan konstruksi yang mengerjakan pembangunan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe dengan lingkup pekerjaan manajemen konstruksi (MK), pengawasan mutu dan kualitas, studi longsoran, dan rencana tanggap darurat (RTD).

Selain memiliki kapasitas tampung dan luas genangan yang sangat besar, Bendugan Ameroro juga berikan manfaat peningkatan layanan irigasi seluas 3.363 ha yang dapat meningkatkan intensitas pertanaman sebanyak 300 persen. Bendungan yang dibangun pada Desember 2020 ini mampu menyediakan kebutuhan air baku bagi masyarakat di Kabupaten Konawe sebesar 522 liter per detik dan mereduksi banjir hingga 443 meter kubik per detik.

Turut hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, Pj. Bupati Konawe Harmin Ramba, dan Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora, dan General Manager Divisi Engineering I Yuli Astuti.

Sebagai informasi, selain memiliki layanan jasa konsultan di bidang konstruksi, Indra Karya juga mengerjakan feasibility study, project proposal, detail desain, survei dan investigasi pada jalan dan jembatan, bangunan dan gedung, serta memperkuat layanannya di bidang energi dan energi baru terbarukan. Indra Karya memiliki laboratorium geoteknik yang menyediakan layanan pengujian mekanika tanah, pengujian air dan udara yang terintegrasi yang memiliki jasa survei dan mapping topografi, survei geologi dan geoteknik, hidrologi dan hidrometeorologi, survei eksplorasi geofisika, serta tes laboratorium yang akurat dan terkalibrasi.

Perkuat Kinerja Positif, Indra Karya Raih ”The Best SOE Konsultan Konstruksi Terbaik 2024”

Jakarta – Sebagai BUMN yang bergerak di bidang layanan jasa konsultan konstruksi, PT Indra Karya (Persero) terus melakukan pengembangan dan optimalisasi layanan terutama di tiga (3) sektor utama yakni sektor Sumber Daya Air (SDA), Energi dan Energi Baru Terbarukan (EBT), dan Transportasi yang memiliki visi misi sebagai konsultan terbaik di Asia.

Beberapa upaya strategis yang dilakukan PT Indra Karya (Persero) antara lain seperti, melakukan transformasi bisnis, penguatan layanan digitalisasi, penguatan pasar dalam negeri, penguatan kerja sama pasar luar negeri serta diversifikasi usaha yang menjadikan perusahaan mencapai kinerja positif dalam menjalankan kegiatan usaha dan bisnis di tahun 2023 lalu.

Capaian prestasi perusahaan yang didasari adanya kerja sama tim yang baik sesuai sengan core value AKHLAK BUMN “Kolaboratif” dan “Adaptif” terhadap tantangan ini berhasil menghantarkan PT Indra Karya (Persero) melakukan business scale up hingga meraih penghargaan The Best Stated Owned Enterprises (SEO) kategori peringkat kedua BUMN dengan aset 500 miliar dengan predikat “Sangat Bagus” di Ajang 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024 yang diselenggarakan di Hotel Shangrila – Jakarta pada Kamis (01/04).

Vice President Corporate Secretary PT Indra Karya (Persero), Okky Suryono mengatakan, PT Indra Karya (Persero) sebagai konsultan konstruksi milik negara, saat ini terus melakukan pengembangan dan penguatan layanan usahanya melalui transformasi bisnis, penguatan layanan digital, penguatan pasar dalam negeri, ekspansi pasar luar negeri serta diversifikasi usaha sebagai upaya perusahaan untuk adaptif dan tetap memberikan kontribusi positifnya bagi kemajuan Indonesia.

“Alhamdulillah, upaya serius dalam melakukan scale up bisnis untuk terus menorehkan kinerja positif tersebut telah membuahkan hasil pengakuan pencapaian berupa penghargaan sebagai The Best Stated Owned Enterprises (SEO) di ajang Awarding Infobank Tahun 2024 sebagai BUMN dengan aset 500 miliar yang meraih predikat ‘Sangat Bagus’ versi Infobank”, jelasnya.

Penghargaan tersebut, katanya, merupakan hasil dari kolaborasi kerja tim dan komitmen dari seluruh insan Indra Karya untuk memberikan kualitas terbaik dari layanan usaha dan terus memberikan kinerja yang optimal di situasi saat ini.

Hingga akhir tahun 2023 lalu, perusahaan  mencatatkan peningkatan kinerja kontrak yang positif meningkat sekitar 118,4% jika di bandingkan dari capaian prestasi pada tahun 2022 lalu.

“Pada tahun 2023 lalu, Indra Karya telah membukukan pendapatan sebesar Rp. 210,39 Miliar dengan kontrak kerja senilai Rp. 600,16 Miliar serta mencatatkan laba bersih senilai Rp. 13,27 Miliar dengan total aset yang tercatatkan meningkat 104,0% dari tahun 2022 hal ini tentunya dapat tercapai berkat kolaborasi kerjasama tim yang efektif dan komitmen dari Direksi serta seluruh Insan Indra Karya.” pungkas Okky.

PT Indra Karya (Persero) merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang layanan jasa konsultan yang di perluas, segmentasi pasar ada pada produk konstruksi dan turunannya seperti pengembangan di bidang energi, dan energi terbarukan serta pertambangan. Indra Karya saat ini menjadi Perusahaan yang di titip kelola kepada Holding BUMN Danareksa melalui Surat Kuasa Khusus Pemegang Saham Kementerian BUMN Nomor SKK-117/MBU/12/2021 yang di terbitkan pada tahun 2021 lalu sehingga hampir keseluruhan model bisnis dan pengembangannya telah di kordinasikan melalui Holding BUMN Danareksa.

Awali Tahun dengan Optimis dan Amanah, Indra Karya Laksanakan RUPS RKAP 2024

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) RKAP 2024 di Menara Danareksa

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) RKAP 2024

Korporasi telah selesai melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Rencana Kerja & Anggaran Perusahaan (RKAP) Tahun 2024 bersama pemegang saham pada Selasa (30/01), dimana PT Indra Karya (Persero) merupakan Perusahaan BUMN yang dititip kelola pada PT Danareksa (Persero).

Pelaksanaan RUPS RKAP tersebut dilaksanakan di Menara Danareksa yang dipimpin oleh Avianto Istihardjo selaku Direktur Manajemen Risiko PT Danareksa (Persero) selaku pemegang Surat Kuasa Khusus Pemegang Saham (SKK) untuk titip kelola perseroan. Sedangkan dari PT Indra Karya (Persero) dihadiri oleh Bapak Airlangga Mardjono (Komisaris Utama), Bapak Gok Ari Joso Simamora (Direktur Utama), Bapak Eko Budiono (Direktur) serta Jajaran Vice President (VP) Kantor Pusat PT Indra Karya (Persero).

Semoga kinerja PT Indra Karya (Persero) kian membaik di tahun selanjutnya dan membawa keberkahan bagi seluruh karyawan dan masyarakat

Indra Karya Sabet Penghargaan di Bidang Lingkungan Hidup dengan Predikat The Promising di Indonesia Green Award 2024

JAKARTA (17/01) – Hadiri awarding bertemakan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), Indra Karya kantongi Penghargaan Nasional Lingkungan Hidup, Indonesia Green Awards 2024, dengan predikat kategori “The Promising” yang mengangkat Program CSR Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir BUMN (PRO-AKSI BUMN) di bawah kategori Penyelamatan Sumber Daya Air.

Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan di Bali Room Hotel Kempinski Pada Rabu (17/01) yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility. Penghargaan Indonesia Green Awards 2024 merupakan tahun ke-15 yang diselenggarakan sebagai komitmen berkelanjutan untuk berkontribusi dan menangani dampak lingkungan. Mengutip dari laman resminya, Indonesia Green Awards (IGA) merupakan ajang untuk mengapresiasi perusahaan, individu, atau organisasi yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan berdasarkan kinerja di berbagai bidang lingkungan.

Turut hadir mewakili Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) yakni Head of Internal Audit Ferdinandus Baskoro dalam menerima penghargaan pada malam ini, serta didampingi oleh Manager TJSL Bambang Palgunadi.

Pada kesempatan terpisah, Gok Ari Joso Simamora menyampaikan apresiasinya kepada Indonesia Green Award dan Tim TJSL PT Indra Karya (Persero) atas program-program brilian yang sudah terancang dan yang telah terlaksana dengan baik, serta menyertakan harapannya agar program-program ini dapat memberikan dampak bagi para penerima manfaat yang mendorong tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Di malam penghargaan Indonesia Green Award Tahun 2024 ini, apresiasi sebesar-besarnya kepada Indonesia Green Award dan La Tofi atas penghargaan yang diberikan kepada PT Indra Karya (Persero) dan juga saya mengapresiasi atas kerja tim TJSL Indra Karya, kami terus mengupayakan agar program program TJSL kami ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat hingga secara berkelanjutan,” ucap Gok Ari.

Manager TJLS Bambang Palgunadi menjelaskan bahwa Program TJSL dengan tema PRO-AKSI BUMN ini tidak hanya memberikan edukasi namun juga pembinaan bagi masyarakat desa mitra binaan. Program “Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir BUMN (PRO-AKSI BUMN)” dikemas ke dalam berbagai program yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan dan pengembangan lingkungan hidup yang berkelanjutan sehingga tercipta lingkungan yang sehat yang mengacu pada SDGs pilar Lingkungan melalui kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Air Bersih, dan Pembudidayaan Pohon Mangrove.

Program ini juga memberikan nilai tambah berupa kemandirian ekonomi serta pemulihan ekonomi yang sangat mendorong pertumbuhan UMKM di wilayah setempat melalui kegiatan di bidang ekonomi yang juga dijalankan oleh perseroan secara simultan,” kata Bambang.


Program PRO-AKSI BUMN yang dikemas Indra Karya merupakan program TJSL yang mendukung terciptanya pemenuhan Sustainability Development Goals (SDGs) pilar Lingkungan dengan kegiatan utama Pembangunan Sarana dan Prasarana Air Bersih, dan Pembudidayaan Pohon Mangrove. Pembangunan Sarana dan Prasarana Air Bersih merupakan kegiatan padat karya yang memberikan solusi pada permasalahan air bersih dengan adanya pembangunan dan pengelolaan sarana dan prasarana air bersih yang kemudian perseroan juga memberikan edukasi agar masyarakat dapat mengelola sumber daya air secara mandiri dan berkelanjutan. Sedangkan kegiatan Pembudidayaan Mangrove dilaksanakan dengan memberikan bibit dan pengetahuan budidaya pohon mangrove yang dapat memberikan dampak positif khususnya bagi masyarakat di area pesisir.

Penghargaan ini diserahkan oleh La Tofi Chairman La Tofi School of Social Responsibility dan dihadiri juga oleh Kepala Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kementerian Perindustrian Andi Rizaldi, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Tulus Laksono, Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono, PJ Gubernur Banyumas Hanung Cahyo Saputro, dan Pandawara Group sebagai tokoh pemuda yang berfokus pada permasalahan sampah dan kebersihan lingkungan.

Terapkan Transformasi Digital, Indra Karya Go Live “IKSMART” Terintegrasi

Jakarta (22/12) – Dalam rangka Hari Ibu Nasional, PT Indra Karya (Persero) meresmikan transformasi digital melalui inovasi sistem pengelolaan layanan proses bisnis, yaitu modul Enterprise Resource Planning (ERP) bernama “IKSMART”, di Vasaka Hotel Cawang Jakarta Timur, pada Jumat (22/12).

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora menyatakan, peluncuran IKSMART merupakan komitmen Indra Karya dalam mendorong perubahan budaya menuju era 4.0.

“PT Indra Karya (Persero) terus memegang komitmen mendorong perubahan budaya kerja menuju era industri 4.0 dan IT Maturity semakin meningkat. Komitmen ini diwujudkan dalam aksi nyata perseroan dengan memanfaatkan tren digitalisasi sebagai alat percepatan dan kemudahan dalam mengelola perusahaan,” jelas Gok Ari saat sambutan.

Lebih lanjut ia mengatakan, hal ini, termasuk ke dalam implementasi perseroan terhadap core value AKHLAK yang berlandaskan pada prinsip pengelolaan Good Corporate Governance berkelanjutan.

“Sebagai penutup 2023 dan menyongsong perusahaan menuju usia ke-63 tahun, saya menaruh harapan sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan, baik office maupun site, untuk dapat mendorong seluruh program transformasi digitalisasi perusahaan dan mendorong tata kelola terintegrasi secara berkelanjutan untuk menghasilkan kemajuan yang signifikan pada PT Indra Karya (Persero),” katanya.

Bersamaan dengan berakhirnya 2023, transformasi sistem terintegrasi kini siap mengaplikasikan 8 (delapan) modul ERP yang terdiri dari E-Procurement, E-Budgeting, CRM & Project, Password, HGTM, Accounting, Industri, E-Office.

IKSMART telah dirancang sejak 2021 dan merupakan salah satu bentuk penerapan core value AKHLAK “Adaptif” dan “Kolaboratif”, melalui adanya adaptasi terhadap teknologi dan budaya, serta peran berbagai pihak yang telah berkolaborasi hingga dapat terwujudnya launching kedelapan modul ERP ini.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PT Indra Karya (Persero) Eko Budiono turut menyampaikan harapannya terkait terobosan digitalisasi berbasis ERP untuk memperkuat proses bisnis terintegrasi perseroan.

“PT Indra Karya (Persero) telah memanfaatkan budaya kerja digital dengan mengadopsi sistem E-Office, Cloud System, Pengelolaan SDM, Pengelolaan Keuangan, Operasi dan CRM terintegrasi yang merupakan terobosan cukup besar bagi PT Indra Karya (Persero),” ujarnya.

Eko berharap, Indra Karya senantiasa berkembang dalam menjalani bisnisnya, semakin lincah dan responsif untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan usaha dan bisnis serta stakeholder lainnya, sembari menerapkan semangat core value BUMN : AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif).

Kegiatan peluncuran yang bertajuk “Let’s Transform Our Way” ini dihadiri oleh Direksi beserta jajaran BOD-1 dan BOD-2 PT Indra Karya (Persero) sekaligus menyaksikan sosialisasi implementasi IKSMART.

Direksi PT Indra Karya (Persero) turut memberikan apresiasi terhadap seluruh peran serta insan Indra Karya dan para stakeholder terkait hingga dapat terlaksananya  kegiatan launching ERP.

Turut hadir menyaksikan seremonial launching IKSMART dari Pemegang Saham Kementerian BUMN yang diwakili oleh tim Keasdepan Bidang Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN dan Pemegang Surat Kuasa Khusus (SKK) Pemegang Saham dari PT Danareksa (Persero) yang diwakili oleh Direktur Investigasi 3 PT Danareksa (Persero) Adi Pamungkas Dastian, Kepala Divisi Portfolio Management 2 PT Danareksa (Persero) Raden Gerald S. Grisanto.

Direktur Investasi 3 PT Danareksa (Persero) Adi Pamungkas Dastian juga menyampaikan harapan dan pesan terkait pemanfaatan IKSMART hingga jangka panjang bagi Indra Karya.

“Mendorong efisiensi dan sinergi Indra Karya terlebih dari sisi operasional. Terdapat 3 (tiga) hal yang akan dilaksanakan dalam setahun kedepan yakni fokus, percepatan, dan integrasi. Melalui Go Live ERP IKSMART ini, diharapkan dapat melancarkan proses bisnis perusahaan berlandaskan ketiga hal tersebut dan mendorong transformasi digital berkelanjutan,” pungkas Adi.

Dengan adanya platform digitalisasi ini mendorong penguatan maturitas pengelolaan IT di lingkungan Indra Karya yang berdampak mendorong kinerja perseroan ke arah yang lebih baik.

Kunjungan Dirjen SDA ke Bendungan Pamukkulu

Sulsel (08/11) – Proyek yang tengah dikerjakan PT Indra Karya (Persero) mendapatkan kunjungan dari Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Bendungan Pamukkulu, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. PT Indra Karya (Persero) bertanggung jawab sebagai penyedia jasa supervisi konstruksi pada pembangunan Bendungan Pamukkulu.

Turut hadir Direktur PT Indra Karya (Persero) Eko Budiono, yang didampingi oleh Plt. General Manager Divisi Engineering II Yuli Astuti pada kunjungan kerja yang dilaksanakna pada Rabu (08/11) yang lalu.

Pada kunjungan tersebut, Dirjen SDA Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia, melaksanakan inspeksi dan monitoring pada perkembangan pembangunan bendungan yang bertipe Concrete Face Rockfill Dam (CFRD) ini.

Kunjungan juga dihadiri Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang Suryadarma Hasyim.

Bendungan Pamukkulu memiliki daya tampung efektif 77 juta m3 dan seluas genangan 460 Hektare, kapasitas 160 liter per detik, potensi pembangkit listrik tenaga air 4,3 MW dan juga pengendalian banjir di Kabupaten Takalar. Bendungan Pamukkulu juga diproyeksikan dapat melayani irigasi seluas 6.188 Hektare, hal ini meningkatkan Indeks Pertanian (IP) dari yang semula 183 persen menjadi 250 persen.

Pertemuan Bilateral Indonesia dan Jepang di Bidang Infrastruktur

Tokyo (24/10) – Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) turut hadir dalam Pertemuan bilateral Indonesia dan Jepang di bidang Infrastruktur yang bertempat di Tokyo, Jepang.

Kunjungan Delegasi Indonesia ke Jepang kali ini dihelat bersama oleh Kementerian Bappenas, Kementerian PUPR, dan beberapa BUMN yang bergerak di bidang Infrastruktur.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka studi banding terkait pengelolaan proyek-proyek penanggulangan banjir melalui metode underground channel, pengelolaan proyek pembangunan pelabuhan/integrated port, pembangunan proyek monorail transit, dan proyek SMART dalam pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pada kegiatan rapat bersama dengan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang dan Japan International Cooperation Agency (JICA), Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora berkesempatan menyampaikan knowledge berkaitan dengan pengelolaan water resources dan kompetensi yang merupakan kompetensi utama yang dimiliki oleh Indra Karya.

Melalui pertemuan ini, diharapkan bahwa PT Indra Karya (Persero) dapat terus meningkatkan kemampuan bisnisnya dengan tujuan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Kunjungan Dirjen SDA ke Embung Tukad Unda Bali dalam rangka Monitoring dan Evaluasi

Monitoring Embung Tukad Unda Bali 

Bali (13/10) – Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora, melaksanakan kunjungan lapangan ke proyek Embung Tukad Unde yang berlokasi di Provinsi Bali. Pada pekerjaan ini, PT Indra Karya (Persero) sebagai penyedia jasa supervisi melaksanakan pengawasan proyek Supervisi Pembangunan Sistem Penyediaan Air Baku Embung Tukad Unda di Kabupaten Klungkung.

Pada kesempatan ini, hadir VP Operation and Business Development Gagah Guntur Aribowo yang turut serta dalam pelaksanaan monitoring lapangan.

Pebangunan Embung Tukad Unda memberikan manfaat sumber daya air (SDA) khususnya pada masyarakat di Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Gianyar sebagai penyedia layanan air bersih hingga 1000 liter per detik. Embung ini juga diproyeksikan dapat memenuhi kebutuhan air baku di Kawasan Pusat Kebudayaan Bali sebesar 50 liter per detik, yang akan dimanfaatkan untuk irigasi.

Kunjungan Dirjen SDA ke Bendungan Meninting

Lombok Barat (06/10) – Proyek Bendungan Meninting PT Indra Karya (Persero) mendapatkan kunjungan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia dalam rangka tinjauan proyek Bendungan Meninting. Pada pekerjaan ini, Indra Karya turut berkontribusi sebagai Konsultan Konstruksi Pembangunan Bendungan Meninting.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut VP Operation and Business Development PT Indra Karya (Persero) Gagah Guntur Aribowo, Team Leader Bendungan Meninting Lalu Moh Ridwan, Direktur Bendungan dan Danau Adenan Arsyid, dan Kepala Balai Teknik Bendungan Duki Malindo, Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I Tampang, dan sejumlah pejabat di lingkungan BWS Nusa Tengara I.

Meninting merupakan bendungan yang termasuk dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan air, khususnya di Kawasan Timur Indonesia. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono turut menyatakan bahwa mengatakan kunci pembangunan di wilayah NTB yakni adalah ketersediaan air. Bendungan Meninting berada di Desa Bukit Tinggi Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, nantinya bendungan ini akan mengairi irigasi seluas 1559,29 Ha, Air Baku 150 liter/dt serta Reduksi Banjir 28% (80 m3/dt).